KUIS
Nama :
………………………..
Kelas :
………………………..
Kelompok :
………………………..
No. absen :
………………………..
Standar
Kompetensi : Menggunakan teorema
phytagoras dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi
Dasar : 3.1 Menggunakan teorema
phytagoras untuk
Indikator
|
Kerjakan soal di bawah ini!
1. Diketahui segitiga
siku-siku dengan panjang sisi-sisi
tegak XY = 7 cm dan YZ = 24 cm.
a. Gambarlah sketsa segitiga tersebut !
b. Berapakah panjang hipotenusanya?
c. Apakah hipotenusa XYZ merupakan sisi terpanjang?
d. Apakah pada XYZ berlaku Teorema Pythagoras?
2. KLM pada gambar disamping adalah segitiga siku-siku sama kaki
dengan MK = ML = a dan KL = b dan tinggi segitiga tersebut adalah c.
a.
Tuliskan rumus Teorema
Pythagoras yang berlaku pada
segitiga KMN !
b.
Tuliskan rumus Teorema
Pythagoras yang berlaku
pada segitiga LMN !
c.
Apa yang dapat kamu
simpulkan tentang KMN dan LMN? Jelaskan!
3. Tentukan 3 kelompok
bilangan yang merupakan bilangan Tripel Pythagoras !
4.
Pada segitiga
ABC, diketahui panjang AB = 6 cm, AC = 8 cm dan BC = 10 cm. Berbentuk apakah segitiga ABC tersebut? Mengapa?
Jawaban :
|
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………..
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………….
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………….
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………...................
No comments:
Post a Comment