A.
Refleksi
Kegiatan Pembelajaran Matematika
Matematika merupakan
pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk membentuk pribadi yang
cerdas, trampil, dan bertingkah laku baik yang sangat berguna dalam
kehidupannya. Pengetahuan tentang matematika yang dipelajari peserta didik di
sekolah disebut sebagai mata pelajaran matematika. Dalam penyelenggaraan
pendidikan, matematika merupakan salah satu dari isi pendidikan. Sebagai
pengetahuan yang harus ditransfer kepada peserta didik, maka perlu dirancang
suatu model pembelajaran, alat, dan lingkungan untuk pelaksanaan kegiatan
bimbingan, pengajaran, dan latihan matematika. Dalam hal ini isi pelajaran matematika
harus ditransfer oleh pendidik kepada peserta didik dengan menerapkan suatu
model pembelajaran, menggunakan peralatan, dan diselenggarakan dalam suatu lingkungan.
Alat yang digunakan dalam pembelajaran matematika dapat berupa
peralatan pembelajaran, media pembelajaran
matematika.
Matematika adalah pelajaran
yang memerlukan pemusatan pikiran untuk mengingat dan mengenal kembali semua
aturan yang ada dan harus dipenuhi untuk menguasai materi yang dipelajari.
Untuk mengingat dan mengenal kembali materi yang dipelajari siswa harus mampu
menguasai konsep materi tersebut. Untuk mencapai hal tersebut perlu adanya
pembelajaran. Pembelajaran adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara
siswa dengan guru dan antar sesama siswa dalam proses pembelajaran.
Keberhasilan suatu konsep
diperlukan adanya penguasaan konsep awal matematika pada siswa menjadi pembuka
jalan dalam penyampaian konsep-konsep matematika sehingga siswa akan lebih
mudah dalam memahami konsep-konsep matematika pada materi-materi selanjutnya. Jika
siswa menguasai konsep dengan baik maka siswa dapat menyelasaikan berbagai
variasi soal matematika sehingga bisa mempermudah siswa dalam menyelesaikan
msalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Untuk meningkatkan pengusaan konsep siswa, diperlukan model pembelajaran
yang tepat dalam pembelajaran. Dengan demikian yang perlu diperhatikan adalah
pemilihan model pembelajaran yang tepat dan dalam memilih model pembelajaran
harus sesuai dengan tujuan, jenis materi, dan sifat materi yang diajarkan
kepada siswa. Kemampuan guru pada saat menyampaikan materi dengan menggunakan
model tersebut juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai oleh siswa.
Kurang tepatnya pemilihan model pembelajran oleh setiap guru dapat menimbulkan
kebosanan saat pembelajaran di dalam kelas. Untuk mengatasi masalah kebosanan
siswa terhadap pembelajaran matematika dan kurang memahami pelajaran
matematika, maka diperlukan solusi untuk mengatasi kebosanan siswa terhadap siswasehingga siswa tidak merasa
jenuh dalam mengikuti pelajaran matematika dan apa yang disamaikan oleh guru.
Salah satu model pembelajaran itu adalah model pembelajaran Guide
Discovery-Inquiry, model Guide Discovery-Inquiry sering disebut juga
model penemuan. Dengan menggunakan model pembelajran ini diharapkan siswa
tertarik dengan pelajaran matematika dan matematika itu bukan pelajaran yang
menakutkan.
B. Identifikasi Masalah
1. Siswa kurang tertarik dan
kurang memberi respon positif terhadap pembelajaran matematika.
2. Penguasaan konsep siswa
belum optimal
3. Siswa belum aktif dalam
pembelajaran matematika masih dominan aktif guru
C. Analisa
Masalah
Berkaitan dengan hal diatas
masalah yang akan di bahas adalah pembelajaran yang masih cenderung siswa terhadap keaktifan guru dan model
pembelajaran yang membosankan sehingga penguasaan konsep yang tidak bisa dipahami
oleh siswa.
D.
Judul Penelitian
Peningkatan Penguasaan Konsep
Matematika Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery-Inquiry Dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika
E.
Data yang dibutuhkan/Instrumen yang digunakan
1. Tes penguasaan konsep
2. Lembar obrservasi
3. Angket respon siswa
4. Pedoman wawancara
TES
PENGUASAAN KONSEP
1.
Disekeliling kolam sepanjang 200
meter akan
ditanami pohon dengan jarak antar
pohon 10 meter. Berapakah banyak pohon yang
dibutuhkan?
2.
Enam orang guru
memenangkan lomba karya
ilmiah, jumlah hadiah yang mereka terima
adalah Rp. 45.000.000,00. Masingmasing akan
mendapat bagian yang sama setelah
dikurangi pajak Rp.3.000.000,00. Bagaimana
cara menghitung besarnya bagian
yang diterima oleh masing-masing guru?
3.
Dalam suatu lomba matematika
ditetapka bahwa
tiap jawaban yang benar mendapat nilai 2 dan tiap
jawaban yang salah mendapat
nilai 1,
sedangkan jawaban yang kosong
mendapat nilai 0. Bila jumlah soal ada 100 buah,
berapa nilai yang diperoleh. Maria bila ia
dapat menjawab 60 soal dengan
benar dan 25 jawaban yang salah dan sisanya tidak
dijawab oleh Maria?
4.
Hitunglah hasil dari operasi berikut ini !
15 x (-24) – 48 + 12 = .........
PEDOMAN WAWANCARA DENGAN SISWA
1.
Bagaimana pendapat
siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah
dilaksanakan?
2.
Apakah siswa
mengalami perubahan terhadap diri siswa setelah
pembelajaran? Apakah perubahan yang terjadi?
3.
Apakah dengan model
pembelajaran ini siswa lebih bersemangat dan tekun
belajar matematika? Bagaimana partisipasi aktif
siswa di kelas? Apakah siswa
lebih berani dalam menjawab pertanyaan dari guru?
4.
Pembelajaran ini
salah satunya agar siswa dapat menguasai konsep
matematika, apakah siswa sudah menguasai konsep
matematika selama proses
pembelajaran?
5.
Bagaimana perasaan
siswa terhadap pelajaran matemtika setelah pembelajaran
ini?
Lembar
Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran Dengan
Model
Pembelajaran Guided Discovery-Inquiry
Kelas :
Pokok bahasan :
Hari/ tanggal :
Siklus :
Waktu :
Petunjuk Pengisian:
Berilah tanda check (√)
pada kolom pilihan
yang sesuai. Tuliskan
deskripsi hasil pengamatan selama
kegiatan pembelajaran!
No.
|
Kegiatan Siswa
|
Ya
|
Tidak
|
Deskripsi
|
1
|
Siswa
berdiskusi dalam
mengerjakan
LKS
|
|||
2
|
Siswa menemukan suatu
pengertian melalui
proses diskusi
berdasarkan
LKS
|
|||
3
|
Siswa membuat
jawaban awal dari
masalah
yang diberikan oleh guru
|
|||
4
|
Siswa secara
berkelompok
melakukan
kegiatan penyelidikan
dalam
memecahkan masalah yang
diberikan
guru
|
|||
5
|
Siswa
berdiskusi menyelidiki
kebenaran
jawaban awalnya
|
|||
6
|
Siswa bertanya
kepada guru ketika
melakukan
penyelidikan
|
|||
7
|
Siswa semangat
mencari informasi
untuk
menyelesaikan masalah yang sedang
dikaji
|
|||
8
|
Siswa
melakukan penyelidikan
sesuai dengan
langkah-langkah
pada
LKS
|
|||
9
|
Siswa
menemukan rumus
berdasarkan
penyelidikan yang
dilakukan
|
|||
10
|
Siswa
mempresentasikan hasil
Diskusi
|
|||
11
|
Siswa
mengajukan pertanyaan
untuk kelompok
yang sedang
presentasi
|
|||
12
|
Guru
mendampingi siswa selama
proses diskusi
|
|
Pengamat
ANGKET RESPONS SISWA
TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN Guided
Discovery-Inquiry
Nama : .......................................................
Kelas / No. absen : .......................................................
Petunjuk
Berilah
tanda check (√) pada salah satu kolom sesuai dengan pendapat
kalian dan dengan keadaan
yang sebenarnya!
SL : Selalu
K : Kadang-kadang
S : Sering
TP : Tidak pernah
No.
|
Pertanyaan
|
SL
|
S
|
K
|
TP
|
1
|
Saya dapat
membuktikan rumus melalui cara saya sendiri
|
||||
2
|
Saya dapat
membuktikan rumus dengan bertanyakepada teman
|
||||
3
|
Saya dapat
membuktikan rumus dengan bertanya kepada guru
|
||||
4
|
Saya dapat
menerjemahkan maksud soal dengan kata-kata saya
sendiri
|
||||
5
|
Saya berusaha
aktif mencari informasi-informasi yang dapat
membantu menyelesaikan masalah
|
||||
6
|
Saya menemukan
beberapa cara dalam
menyelesaikan
soal matematika
|
||||
7
|
Saya saya
merasa senang bekerjasama dan
berdiskusi
untuk menjawab lembar soal
|
||||
8
|
Saya senang
jika saya menyelesaikan soal
dengan
kemampuan saya sendiri
|
||||
9
|
Saya akan
membaca soal sampai saya
mamahami
maksud dari soal tersebut
|
||||
10
|
Strategi yang
saya gunakan untuk menyelesaikan soal kurang
berhasil
|
||||
11
|
Saya
mempertimbangkan ide yang lain jika yang pertama gagal
|
||||
12
|
Saya merasa
tertantang dengan masalah yang diberikan guru
|
||||
13
|
Masalah
yang diberikan guru banyak
|
||||
14
|
Guru
memberikan arahan yang detail mengenai cara penyelesaian
masalah
|
Saran :
…………...……………………………………………………………………………...........................
.……………………………………………………………………………………….…………………
……………………………………………………………………………………………................
No comments:
Post a Comment