Thursday, October 29, 2015

Latihan membuat animasi gerak matematika

LATIHAN MEMBUAT ANIMASI BERGERAK 2

1.      Bukalah program flash.
2.      Ubah ukuran stage menjaadi 900 × 700.
3.      Untuk membuat stage terlihat seluruhnya. Pilihlah Fit in Window.
http://hendristkip.blogspot.co.id/
Latihan membuat animasi gerak matematika

4.      Buatlah lingkaran pada stage dengan memilih Oval Tool dan buat lingkaran pada stage. Blok semua bagian lingkaran dan kemudian ubah ukuran lingkaran menjadi W = 5 dan H = 5 serta letakkan pada koordinat  X = 447.5 dan Y = 347.5. Ubah pula warna bidang dan garis sesuai kesukaan kalian. Untuk mengubah ukuran dan koordinat serta garis, bukalah panel Properties.

5.      Klik kanan frame 30 pilih Insert KeyFrame. Blok lingkaran, ubah ukuran dan koordinat lingkaran menjadi W = 100, H = 100, X = 100, dan Y = 100.
6.      Klik stage disembarang tempat kemudian klik garis lingkaran sehingga tampak seperti gambar berikut.
kemudian klik kanan garis lingkaran yang telah terblok dan pilih Copy.

7.      Klik kanan Layer 1 pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 2.
8.      Klik kanan frame 30 pada Layer 2 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan Stage pilih Paste in Place.
9.      Klik bidang lingkaran sehingga tampak seperti gambar berikut.
 kemudian klik kanan bidang lingkaran yang telah terblok dan pilih Copy.

10.  Klik kanan Layer 2 pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 3.
11.  Klik kanan frame 30 pada Layer 3 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan Stage pilih Paste in Place.
12.  Klik kanan frame 60 dari Layer 2 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan frame 60 dari Layer 3 pilih Insert KeyFrame. Klik bidang lingkaran yang terdapat pada frame 60 dari Layer 3 kemudian ubah koordinat bidang menjadi X = 100 dan Y = 400.
13.  Klik frame 20 dari Layer 1. Buka Properties dan ubah bagian Tween menjadi Shape.
14.  Klik frame 45 dari Layer 3. Buka Properties dan ubah bagian Tween menjadi Shape.
15.  Klik kanan frame 70 dari Layer 2 kemudian pilih Insert KeyFrame dan Klik kanan frame 70 dari Layer 3 kemudian pilih Insert KeyFrame. Pilih Text Tool pada bagian Tools, dan buka Properties. Pastikan terpilih statik text.

16.  Atur jenis huruf, warna huruf, dan ukuran huruf pada properties. Bagian Properties untuk mengganti jenis , warna, dan ukuran huruf terlihat pada gambar yang dilingkari merah di atas.
17.  Selanjutnya klik stage dan ketikkan Lingkaran dengan posisi seperti gambar berikut.
18.  Klik kanan frame 90 dari Layer 2 kemudian pilih Insert KeyFrame dan Klik kanan frame 90 dari Layer 3 kemudian pilih Insert KeyFrame. Pilih Text Tool pada bagian Tools, dan buka Properties. Pastikan terpilih statik text.
19.  Atur jenis huruf, warna huruf, dan ukuran huruf pada properties.
20.  Selanjutnya klik stage dan ketikkan Daerah Lingkaran dengan posisi seperti gambar berikut.
21.  Tahap selanjutnya membuat persegi atau bisa diganti persegi panjang. Pada latihan ini, kita akan membuat persegi panjang. Klik kanan Layer 3 dan pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 4. Kemudian klik kanan frame 100 pada Layer 4 pilih Insert KeyFrame.
22.  Buatlah persegi panjang pada stage dengan memilih Rectengular Tool dan buat persegi panjang pada stage. Blok semua bagian persegi panjang dan kemudian ubah ukuran persegi panjang menjadi W = 5 dan H = 3 serta letakkan pada koordinat  X = 447.5 dan Y = 348.5. Ubah pula warna bidang dan garis sesuai kesukaan kalian.
23.  Klik kanan frame 130 dari Layer 4 pilih Insert KeyFrame. Blok persegi panjang, ubah ukuran dan koordinat persegi panjang menjadi W = 100, H = 70, X = 375, dan Y = 100.
24.  Klik stage disembarang tempat kemudian klik ganda garis persegi panjang sehingga tampak seperti gambar berikut.
 kemudian klik kanan garis persegi panjang yang telah terblok dan pilih Copy.

25.  Klik kanan Layer 4 pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 5.
26.  Klik kanan frame 130 pada Layer 5 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan Stage pilih Paste in Place.
27.  Klik bidang persegi panjang sehingga tampak seperti gambar berikut.
 kemudian klik kanan bidang persegi panjang yang telah terblok dan pilih Copy.

28.  Klik kanan Layer 5 pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 6.
29.  Klik kanan frame 130 pada Layer 6 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan Stage pilih Paste in Place.
30.  Klik kanan frame 160 dari Layer 5 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan frame 160 dari Layer 6 pilih Insert KeyFrame. Klik bidang lingkaran yang terdapat pada frame 160 dari Layer 6 kemudian ubah koordinat bidang menjadi X = 375 dan Y = 400.
31.  Klik frame 120 dari Layer 4. Buka Properties dan ubah bagian Tween menjadi Shape.
32.  Klik frame 145 dari Layer 6. Buka Properties dan ubah bagian Tween menjadi Shape.
33.  Klik kanan frame 170 dari Layer 5 kemudian pilih Insert KeyFrame dan Klik kanan frame 170 dari Layer 6 kemudian pilih Insert KeyFrame. Pilih Text Tool pada bagian Tools, dan buka Properties. Pastikan terpilih statik text.
34.  Atur jenis huruf, warna huruf, dan ukuran huruf pada properties.
35.  Selanjutnya klik stage dan ketikkan Persegi Panjang dengan posisi seperti gambar berikut.
36.  Klik kanan frame 190 dari Layer 5 kemudian pilih Insert KeyFrame dan Klik kanan frame 190 dari Layer 6 kemudian pilih Insert KeyFrame. Pilih Text Tool pada bagian Tools, dan buka Properties. Pastikan terpilih statik text.
37.  Atur jenis huruf, warna huruf, dan ukuran huruf pada properties.
38.  Selanjutnya klik stage dan ketikkan Daerah Persegi Panjang dengan posisi seperti gambar berikut.
39.   Tahap selanjutnya membuat segilima. Klik kanan Layer 6 dan pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 7. Kemudian klik kanan frame 200 pada Layer 7 pilih Insert KeyFrame.
40.  Buatlah segilima pada stage dengan menekan tombol panah kecil dibagian Rectengular Tool sehingga muncul tampilan berikut kemudian pilih PolyStar Tool.

41.  Buat segilima dengan cara buka Properties, klik option sehingga muncul tampilan berikut.
Atur Number of Side menjadi 5 untuk membuat segilima. Kemudian klik Ok.
42.   Buat segilima pada stage. Blok semua bagian segilima dan kemudian ubah ukuran segilima menjadi W = 5 dan H = 5 serta letakkan pada koordinat  X = 447.5 dan Y = 347.5. Ubah pula warna bidang dan garis sesuai kesukaan kalian.
43.  Klik kanan frame 230 dari Layer 7 pilih Insert KeyFrame. Blok segilima, ubah ukuran dan koordinat segilima menjadi W = 100, H = 100, X = 670, dan Y = 100.
44.  Klik stage disembarang tempat kemudian klik ganda garis segilima sehingga tampak seperti gambar berikut.
 kemudian klik kanan garis segilima yang telah terblok dan pilih Copy.

45.  Klik kanan Layer 7 pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 8.
46.  Klik kanan frame 230 pada Layer 8 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan Stage pilih Paste in Place.
47.  Klik bidang segilima sehingga tampak seperti gambar berikut.
 kemudian klik kanan bidang segilima yang telah terblok dan pilih Copy.

48.  Klik kanan Layer 8 pilih Inser Layer sehingga muncul Layer 9.
49.  Klik kanan frame 230 pada Layer 9 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan Stage pilih Paste in Place.
50.  Klik kanan frame 260 dari Layer 8 pilih Insert KeyFrame kemudian klik kanan frame 260 dari Layer 9 pilih Insert KeyFrame. Klik bidang segilima yang terdapat pada frame 260 dari Layer 9 kemudian ubah koordinat bidang menjadi X = 670 dan Y = 400.
51.  Klik frame 220 dari Layer 7. Buka Properties dan ubah bagian Tween menjadi Shape.
52.  Klik frame 245 dari Layer 9. Buka Properties dan ubah bagian Tween menjadi Shape.
53.  Klik kanan frame 270 dari Layer 8 kemudian pilih Insert KeyFrame dan Klik kanan frame 270 dari Layer 9 kemudian pilih Insert KeyFrame. Pilih Text Tool pada bagian Tools, dan buka Properties. Pastikan terpilih statik text.
54.  Atur jenis huruf, warna huruf, dan ukuran huruf pada properties.
55.  Selanjutnya klik stage dan ketikkan Segilima dengan posisi seperti gambar berikut.
56.  Klik kanan frame 290 dari Layer 8 kemudian pilih Insert KeyFrame dan Klik kanan frame 290 dari Layer 9 kemudian pilih Insert KeyFrame. Pilih Text Tool pada bagian Tools, dan buka Properties. Pastikan terpilih statik text.
57.  Atur jenis huruf, warna huruf, dan ukuran huruf pada properties.
58.  Selanjutnya klik stage dan ketikkan Daerah Segilima dengan posisi seperti gambar berikut.
 
59.  Klik frame 290 dari Layer 9. Buka panel Actions dan tuliskan seperti gambar berikut.
60.  Klik kanan frame 290 dari  Layer 2 pilih Inser KeyFrame.
61.  Klik kanan frame 290 dari  Layer 3 pilih Inser KeyFrame.
62.  Klik kanan frame 290 dari  Layer 5 pilih Inser KeyFrame.
63.  Klik kanan frame 290 dari  Layer 6 pilih Inser KeyFrame.
64.  Simpan pekerjaan kalian pada suatu folder bernama Kegiatan 2 dan simpan file flash dengan nama Kegiatan2.fla. 
65.  Untuk melihat hasilnya tekan Ctrl + Enter. Secara otomatis file Kegiatan2.swf akan tersimpan di folder Kegiatan 2.


No comments:

Post a Comment