Sintaks
(Tahapan) Model-model Pembelajaran
- Sintaks Model Pembelajaran kooperatif
Fase
|
Perilaku Guru
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siwa
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
|
Fase 2
Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan
demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase 3
Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap agar melakukan transisi secara
efisien.
|
Fase 4
Membimbing kelompok belajar dan bekerja
|
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat
mereka mengerjakan tugas mereka.
|
Fase 5
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang
telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
|
Fase 6
Memberikan penghargaan
|
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya
maupun hasil belajar individu dan kelompok.
|
- Sintaks Perbandingan dari Empat Pendekatan dalam
Pembelajaran Kooperatif
Aspek
|
Tipe STAD
|
Tipe Jigsaw
|
Investigasi Kelompok
|
Pendekatam Struktural
|
Tujuan Kognitif
|
Informasi akademik sederhana
|
Informasi akademik sederhana
|
Informasi akademik tingkat tinggi dan keterampilan
inkuiri
|
Informasi akademik sederhana
|
Tujuan Sosial
|
Kerja kelompok dan kerja sama
|
Kerja kelompok dan kerja sama
|
Kerjasama dalam kelompok kompleks
|
Keterampilan kelompok dan keterampilan social
|
Struktur tim
|
Kelompok heterogen dengan 4-5 anggota
|
Kelompok belajar heterogen dengan 5-6 anggota
menggunakan pola kelompok asal dan kelompok ahli
|
Kelompok belajar dengan 5-6 anggota heterogen
|
Bervariasi, berdua, bertiga, berkelompok dengan 4-6
anggota
|
Pemilihan topic pelajaran
|
Biasanya guru
|
Biasanya guru
|
Biasanya siswa
|
Biasanya guru
|
Tugas utama
|
Siswa dapat menggunakan lembar kegiatan dan saling
membantu untuk menutaskan materi belajarnya
|
Siswa mempelajari materi dalam kelompok ahli
kemudian membantu kelompok asal mempelajari materi itu
|
Siswa menyelesaikan inkuiri kompleks
|
Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan social
dan kognitif
|
Penilaian
|
Tes mingguan
|
Bervariasi dapat berupa tes mingguan
|
Menyelesaikan proyek dan menulis laporan, dapat
menggunakan tes esai
|
Bervariasi
|
Pengakuan
|
Lembar pengetahuan dan publikasi lain
|
Publikasi lain
|
Lembar pengetahuan dan publikasi lain
|
Bervariasi
|
- Sintaks Model Pembelajaran Inkuiri (Penemuan)
Tahap
|
Tingkah Laku Guru
|
Tahap 1
Observasi untuk menemukan masalah
|
Guru menyajikan kejadian-kejadian atau fenomena yang
memungkinkan siswa menemukan masalah
|
Tahap 2
Merumuskan masalah
|
Guru membimbing siswa merumuskan masalah penelitian
berdasarkan kejadian dan fenomena yang disajikannya
|
Tahap 3
Mengajukan hipotesis
|
Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis terhadap
masalah yang telah dirumuskannya
|
Tahap 4
Merencanakan pemecahan masalah (melalui eksperimen atau cara lain)
|
Guru membimbing siswa untuk merencanakan pemecahan
masalh, membantu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dan menyusun
prosedur kerja yang tepat
|
Tahap 5
Melaksanakan eksperimen (atau cara pemecahan masalh yang lain)
|
Selama siswa bekerja, guru membimbing dan
memfasilitasi
|
Tahap 6
Melakukan pengamatan dan pengumpulan data
|
Guru membantu siswa melakukan pengamatan tentang
hal-hal yang penting dan membantu mengumpilkan dan mengorganisasi data
|
Tahap 7
Analisis data
|
Guru membantu siswa menganalisis data supaya
menemukan suatu konsep
|
Tahap 8
Penarikan kesimpulan dan penemuan
|
Guru membimbing siswa mengambil kesimpulan
berdasarkan data dan menemukan sendiri konsep yang ingin ditanamkan.
|
- Sintaks Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tahap
|
Tingkah Laku Guru
|
Tahap 1
Orientasi siswa kepada masalah
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistic yang dibutuhkan, memotivasi siswa untuk terlibat pada aktivitas
pemecahan masalah yang dipilihnya
|
Tahap 2
Mengorganisasi siwa untuk belajar
|
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasi tugas belajar tugas belajar yang berhubungan dengan masalh
tersebut
|
Tahap 3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat penjelasan dan
pemecahanmasalah
|
Tahap 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu
mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
|
Tahap 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau
evaluasi terhadap penyelidikan mereka atau proses-proses yang mereka gunakan
|
- Sintak Model Pembelajaran Langsung
Tahap
|
Peran Guru
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi
latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk
belajar
|
Mendemonstrasikan keterampilann (pengetahuan
procedural) atau mempresentasikan pengetahuan (deklaratif)
|
Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar,
atau menyajikan informasi tahap demi tahap
|
Membimbing pelatihan
|
Guru merencanakan dan member bimbingan pelatihan
|
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
|
Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan
tugas dengan baik, memberi umpan balik
|
Memberukan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
|
Guru mempersiapkan kesempatan untuk melakukan
pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi
lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari
|
No comments:
Post a Comment